Tuesday, December 29, 2015

Perjalan menuju kajang

30 Desember 2015
Satu hari sebelumnya,  saya meminta keluarga di makasar untuk mencarikan mobil rental untuk sekitar 4-5 hari, dan rupanya,  karena menjelang tahun baru,  ditambah libur panjang anak sekolah,  agak sulit mendapatkannya
Tapi akhirnya saya dapat juga melalui om saya,  mobil nyabpun baru keluar sekitar sebulan yang lalu... , masih pelat putih, dengan sewa Rp 300rb perhari
Singkat cerita,  saya membayar dp Rp 750rb ke yang bersangkutan... (pak Kamaruddin)
Namun ada hal yang saya lupa,  memeriksa kondisi mobil dengan yang punya,  yaitu kondisi luarnya,  karena walaupun mobil baru,  ternyata sudah ada  baret baretnya,  dan jangan sampai yang punya mobil menganggap baret tersebut dari pemakaian kita..
Berikut yangbsaya pikirkan perlu kita cek ketika kita pinjam mobil atau rental mobil,  silahlan ditambahkan jika ada masukan lainnya
1. Periksa kelengkapan surat suratnya,  jangan sampai anda berhubungan dengan polisa dan tak ada surat surat yang anda pegang
2. Periksa keadaan mobil dari luar,  baret,  lecet dan sebagainya sebelum anda bayaar dp,  jangan sampai baret atau lecet yang bukan salah anda di bebangkannke anda perbaikannya...,  mungkin karena tidak semua pelaku bisnis rental memiliki attitude atau sikap yang sama
3. Periksa semua bekerja dengan benar,  lampu lampu,  wiper,  lampu sign,  rem,  rem tangan,  dan lain lain.
4. Periksa perlengkapan kendaraan,  khususnya dongkrak ban,  ketersediaan ban cadangan,  kunci kunci...
5. Perlakuan khusus,  tanyakan ke pemiliknya..., sehingga anda bisa berkendara dengan nyaman
6. Sebelum mobil diserahkan ke anda,  minta dibersihkan dari kotoran kotoran, khususnya   di dalam kabin, dan terutama bau yang menyengat.  Saya punya pengalama buruk rental mobil,  bau rokoknya sangat menyengat,  sampai anak saya muntah muntah,  saya tidak cek sebelumnya..
7. Siapkan charger usb mobil.  Akan sangat berguna untuk charge handphone,  dan lebih berguna lagi,  jika anda tersesat,  anda bisa menggunakan navigasi di hanphone anda.  Sebagai informasi,  saya selalu menggunakan google maps dan waze,  tapi kebanyakan pake google maps (bisa di download dari android market,  apple store atau windows market) google maps sekarang dilengkapi dengan warna yang menunjukkan kondisi jalanan,  biru lancar,  orange sedikit lancar,  merah tersendat,  merah kecoklatan macet berat. Google maps juga terhubung dengan waze,  dan jika ada misalnya tabrakan yang di laporkan di waze,  juga akan muncul di google maps.  Yang membuat saya selalu menggunakan google maps adalah info dari teman bahwa google maps tidak menguras baterei seperti waze. Artinya waze menguras batere anda. Kelebihan lainnya,  google maps sekarang bisa offline,  bisa di gunakan dimana tidak ada jaringan telekomunikasi..

No comments:

Post a Comment