Friday, August 25, 2017

Proses perpanjangan SIM Surat Izin Mengemudi A

Cikarang, 26 Agustus 2017

Ini adalah pengalaman saya yang pertama memperpanjang sim a saya (untuk mobil), tapi untuk sim c, seharusnya prosesnya sama.

Ketika saya datang untuk perpanjang, bapak polisi yang terhormat meminta sim saya, dan bilang setalah melihat sim saya,  belum saatnya, perpanjangan hanya boleh maksimal 14 hari dari tanggal sim atau tanggal lahir.
Akhirnya saya coba menghitung, dan ternyata, hari dimana saya akan perpanjang dan hari matinya sim saya hanya 12 hari, jadi saya menghadap lagi, bilangin, liat pak, sudah kurang dari 14 hari lagi sim saya mati.

Dia kemudian bilang ok, fotokopi ktpnya dulu.

Saya memudiab foto kopi ktp, 4 lembar, Rp 2000 (tempat fotokopi ada, juga tempat ngopi) , dan saya menghadap lagi.
Saya kemudian disuruh periksa kesehatan.
Diruangan ini, saya menghabiskan waktu sekitar 5 (lima) menit saja (singkat). pertama kita harus bayar asuransi dulu Rp 30.000, dan kemudian Serahkan kwitansinya ke petugas yang ada. Dan bayar Rp 25000 untun poliklinimnya.  Foto kopi ktp akan diambil, dan kita diberikan kartu asuransi.
Selanjutnya di suruh ke bank untuk bayar.
Di bank (bri) ada di tkp juga, diminta memperlihatkan sim yang akan diperpanjang. Saya bayar Rp 80.000 untuk perpanjangan sim A. Wantu yang saya butuhkan untuk pepmbayaran ini juga sekitar 5 menit, tidam ada antrian.

Setelah bayar, saya ke loket 1. Di loket 1 ini sim diminta dan sim yang akan diperpanjang ini kemudian di hetter/dilekatkan pada dokumen formulir yang harus di isi. Saya butub sekitar 10-15 menit karena harus mengisi formulir.

Setelah formulir diisi, kita akan dicegat di pintu masuk, untuk memastikan formulir sudah terisi, khuausnya yag memng harus diisi ( ada yg tidak wajib diisi, seperti nomor resi, karena di pembayaran di bri, nomor resinya tidak dicantumkan).
Saya serahka. Ke loket 2 perpanjangan dan setelah itu, menunggu untuk foto.
(Tambahan informasi, loket 2 ada 2, loket 2 perpanjangan dan loket 2 buat pembuatan sim baru)

Tidak ada yg dilakjkan khisus dilomet 2 ini, karena hanya menyerahkan dokumen, jadi 2 -3 menit selesai. Juga tidak ada antrian, walaulun banyak sekali orang yang melakukan perpanjangan sim.

Selanjutnya menunggu nama kita dipanggil utuk foto. Dan ini saya menunggu sekitar 1-2 jam baru dipanggil.
Proses fotonya sendiri cepat, tapi jika pada saat dipanggil oleh tuka g fotonya belum berada di dalam ruangan, formulirnya ditutul, ditaruh belakangan...

Setelah foto, tinggal tunggu sim selesai. Saya menunggu hamlir 2 jam, baru dipanggil untuk mengambil sim yang baru sekesai.

Fyi, ada beberapa yang kalo dengar alamatnya, bukan alamat bekasi. Saya juga dengar percakapan bahwa kalo sim B1, tidak bisa di urus di bekasi...

Jadi, sederhana ya, proses perpa jangan sim.

Yang perlu dipersiapkan agar lancar:
- foto kopi ktp, siapkan aja. 4 lembar
- siapkan uang pas 30rb(asuransi), 25rb(kesehatan) dan 80rb(bank, perpanjangan sim a)
- pulpen untuk mengisi formulir

No comments:

Post a Comment